Senin, 24 April 2017

7 Tips Wisata ke Wonosobo (Penting!)

7 Tips Wisata ke Wonosobo (Penting!) - Indonesia menjadi salah satu negara yang mempunyai potensi wisata alam yang luar biasa. Eloknya alam di Indonesia memang menggoda wisatawan untuk terus berjelajah dan jelajah tiap jengkalnya.

Lantas, pernahkah kalian mendengar mengenai wisata di dataran tinggi dieng?

Kawasan dataran tinggi yang secara geografis itu termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo yang belakangan ini menjadi primadona wisata baru bagi para pelancong.

Saat ini, Dieng tak pernah sepi, selalu saja ada keelokan yang bisa dinikmati saat kita berkunjung ke wilayah ini.

Maka dari itu, untuk membantu kamu yang ingin jalan-jalan ke Dieng tanpa membuat isi kantong menjadi kering, berikut ini tips yang disediakan selama berkunjung ke Wonosobo, tepatnya di Dieng yang memiliki cuaca agak dingin.

Tips Wisata ke Wonosobo (Dieng)

Wonosobo

1. Persiapkan Diri dengan Baju Hangat

Sebelum pergi berwisata, maka ada baiknya untuk mempersiapkan kondisi fisik terlebih dahulu. Terutama bagi kalian yang tak tahan dengan udara dingin.

Suhu yang ada di Wonosobo itu begitu dingin, jadi jika tidak berhati-hati, kamu bisa jatuh sakit dalam perjalanan yang seharusnya bisa membuat kalian merasa senang.

Saat berangkat, gunakanlah celana panjang dan baju yang panjang agar bisa menyelamatkan kalian dari cuaca yang cukup dingin di sana. Jangan gunakan celana pendek maupun kaos lengan pendek, hal ini diperbolehkan bagi kamu yang kuat dengan cuaca dingin.

Persiapkan baju yang jauh lebih banyak dibandingkan dari wisata lain, seperti menyiapkan baju tebal, baju lengan panjang dan celana panjang, itu sudah cukup untuk mengantarmu ke suasana Dieng yang cukup dingin.

Bagi yang kedinginan di Dieng, bisa mendobel pakaian dengan mengenakan jaket atau yang lain sebagainya. Jika perlu, silakan bawa penutup kepala.

2. Sesampainya di Dieng, Langsung Sewa Penginapan!

Di Dieng atau Wonosobo, banyak penginapan, mulai dari homestay hingga hotel yang bisa kamu pilih.

Untuk penginapan itu sendiri harganya bervariasi, mulai dari Rp 100 ribu hingga yang paling mahal juga ada. Sementara untuk hotel, kemungkinan besar mulai dari Rp 300 ribu yang paling murah.

Carilah penginapan dengan harga termurah jika memang kalian akan melakukan destinasi wisata di Dieng atau Wonosobo dalam waktu yang lama.

3. Pilih Penginapan atau Hotel dengan Fasilitas Air Hangat

Pilihlah penginapan atau hotel yang menyediakan fasilitas air hangat karena cuaca di sana cukup dingin. Tidak mungkin juga mandi dengan air dingin kan?

Sebisa mungkin untuk menghemat wisata atau perjalanan, jangan sewa tempat yang ber-AC, kan di sana sudah dingin, jadi apa guna AC?

Cari penginapan yang murah sekaligus dekat dengan wisata yang akan kalian kunjungi, sehingga nanti tidak akan keteteran saat akan bepergian.

4. Sebelum Beli Makan, Tanya Dahulu Harganya

Kebanyakan rumah makan, restoran atau kaki lima di tempat wisata pasti kebanyakan tak akan menyediakan daftar harga.

Atau yang dimungkinkan, harganya bisa 2 kali lipat lebih mahal dari yang biasa kita beli di sekitar rumah.

Biasakan untuk bertanya terlebih dahulu berapa harganya agar tidak membuat isi kantong menjadi kempis karena rata-rata makanan dan minuman di daerah wisata itu cukup mahal!

5. Kunjungi 3 Wisata Wajib

Wisata wajib yang kalian kunjungi saat berada di sini ialah yang pertama Candi Arjuna, Kawah Sikidang dan yang terakhir Telaga Warna.

Memang untuk tiket masuk dipatok harga yang murah namun agak sedikit mahal. Ya, namanya juga tempat wisata.

Atau jika ingin berhemat saat berada di Wonosobo atau Dieng, pilih tempat wisata yang belum tenar oleh kebanyakan orang, yang kemungkinan hanya ditarik uang parkir dan uang masuk yang kecil.

6. Belanja Oleh-oleh

Banyak oleh-oleh di sana seperti carica dan masih banyak lagi yang lain bisa kalian cicipi. Rasanya juga enak dan sangat khas.

Buah tangan ini bisa sebagai bukti dan bisa diberikan kepada keluarga mengenai apa yang kamu rasakan, sehingga mereka juga bisa merasakannya.

7. Bawalah Perangkat Elektronik dan Hati-hati

Bawalah perangkat elektronik seperti kamera untuk mengabadikan momen saat berada di Wonosobo, Dieng. Siapkan juga charger untuk mengantisipasi jika smartphone low-battery saat berwisata.

Jangan lupa untuk tetap berhati-hati, jangan membawa perangkat elektronik berlebih. Kebiasaan orang Indonesia adalah lupa, jadi perhatikan secara seksama sehingga tidak ada barang yang tertinggal. Selamat berwisata!

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top